Thursday, November 7, 2013

#57 A Su do ku

Setelah kemarin di-gaje-in sama Omegle, sekarang gue mau ngebahas permainan Sudoku yang agak bermutu, walopun dari segi interface sangat gak menarik, tapi ternyata banyak orang yang masih ngelirik. Anyway, yang belom tau siapa sebenarnya sosok sudoku, nih screenshootnya..
 
 example9x9medium

Well, Sudoku adalah permainan kurang kerjaan yang tujuannya menyusun angka 1 sampai 9 tanpa bertabrakan dalam satu garis horizontal maupun vertikal dan dalam setiap satu kotak 3x3. Dari beberapa yang gue temuin, aplikasi yang gue gunakan di atas itu adalah aplikasi Sudoku yang paling adil dan berperikesugokuan dan-extreme. secara gak nyediain semacam hint atau walkthrough , dan tampilannya polos gak ada perbedaan warna kotak. Sangat bagus untuk latihan Solving.

Yah, yang namanya permainan pasti ada Algoritmanya, sama waktu gue punya rubik 3x3. Setelah bertahun-tahun sejak gue masih Sekolah Dasar, gue dibikin heran sama orang yang bisa solve cube, akhirnya keheranan gue terpecahkan setelah gue nemu yang namanya Algoritma. Kembali ke Sudoku, secara teknis gue sendiri belom paham betul mengenai Algoritma Sudoku. Selama ini gue solving sudoku pake cara standar hasil pengalaman sama sharing sama temen gue aja.

Prestasi yang udah gue dapet menyelesaikan sudoku adalah,,,,,,, 10 menit 11 detik untuk Sudoku 9x9 Medium. Yah, walopun rata2nya masih sekitar ~15menit tapi mending lah untuk kelas beginner. Padahal gue liat di youtube, gak ada 2 menit selese -_- itupun yang jenis Killer Sudoku.

Nah, pelajaran yang gue dapet dari permainan Sudoku. Mungkin sebenarnya lebih banyak efek positifnya dalam permainan Soduko ini. Tapi sayang sepertinya gue gak banyak nemuin hal positif dari permainan ini, makanya tadi gue bilang ini permainan "yang agak bermutu". Well, hidup ini harus punya tujuan, karena sebuah permainan juga mempunyai tujuan. Soduku mengajarkan kita untuk melihat secara jeli setiap masalah yang ada dan harus menemukan Solusinya. Sayangnnya Algoritma kehidupan gak se-simpel dengan Algoritma permainan.

"If life is a game, then love is the maze "

Last paragraph, gue mau bagi-bagi link nih..
Yang mau belajar soduku berbagai model dari Jigsaw, SudokuKiller, sudokuX, nih link
Yang mau belajar cube 3x3, F2L, Orientation Last Layer(OLL), Permute Last Layer (PLL), nih link
Yang mau belajar tapi bingung mau belajar apa, nih link 
Yang lagi galau, jangan patah semangat kayak gini 

0 buah bibir:

Post a Comment